Mengenal Jenis-Jenis Tulisan di Media Masa

Belajar menulis memang susah-susah gampang. Menulis menjadi aktivitas yang menyenangkan, tapi kadang bisa menjadi aktivitas yang membosankan Apalagi Anda terlalu sering menulis dengan jenis tulisan yang sama. Pasti akan ada kebosanan yang melanda hatimu juga kan akhirnya.

Tapi tahukah Anda? Kalau Anda bisa menghilangkan kebosanan dalam menulis dengan mencoba jenis tulisan baru yang sebelumnya belum Anda tulisan sama sekali. Lalu apa saja sih, jenis-jenis tulisan? Berikut ini kami paparkan beberapa jenis-jenis tulisan.

Mengenal Jenis-Jenis Tulisan

Tulisan Straight News

Pernah mendengar berita straigt news dalam bentuk tontonan? Tentu saja Anda pernah mendengarnya bukan, terutama di tv dan radio? Staright news tidak saja kita temui dalam bentuk audio visual, straight news juga bisa kita temukan dalam bentuk tulisan.

Ciri tulisan straight news dibuat berdasarkan data observasi di lapangan. Para pembuat tulisan straight news, harus datang terlebih dahulu ke sebuah tempat yang akan dijadikan sebagai objek pemberitaan.

Ciri yang lain, tulisan straight news berisi kejadian-kejadian keseharian yang mencekam. Misalnya kasus pembunuhan, kebakaran, kecelakaan, dan beberapa perisitwa-peristiwa besar lain yang mengundang perhatian. Untuk menulis tulisan straight news, Anda harus mengantongi bukti-bukti dokumentasi. Sementara dari gaya ke penulisannya, tulisan straight news menggunakan gaya bahasa singkat, lugas, jelas, dan mudah dipahami. Semakin singkat tulisan straight news, maka semakin bagus pula tulisan tersebut untuk dipublikasi pada media berita.

Tulisan Views

Pernah mendengar tulisan views? Tulisan ini hampir sama dengan tulisan news. Apa yang sama? Kesamaannya, tulisan ini harus dibuat berdasarkan pengamatan langsung di lapangan. Jadi pembuat tulisan ini harus datang terlebih dahulu ke sebuah lokasi yang akan dijadikan sebagai bahan tulisan.
Tulisan views lebih menekankan kepada sisi human interest. Atau sisi emosional seseorang. Sebagai misal ada peristiwa jatuhnya Pesawat Lion Air di perairan Karawang beberapa minggu yang lalu. Jika penulis views akan mengangkat tema seputar jatuhnya pesawat, maka penulis views harus mengunjungi keluarga korban terlebih dahulu. Tanyakanlah mengenai suka duka keluarga korban, tanyakanlah apa kepribadian korban, tanyakanlah pesan terakhir korban sebelum meninggal? Dan beberapa pertanyaan-pertanyaan lain yang bisa mengaduk-aduk sisi emosional.

Ciri dan karakter tulisan views memang terletak pada kandungan emosionalnya. Ciri lain dari tulisan views yaitu menggunakan gaya bahasa yang fleksibel, dan gaya bahasa yang lebih personal. Beberapa media yang terkenal dengan gaya tulisan views-nya ada Tirto, dan ada juga media Vice.

Tulisan Opini

Bagi kalangan mahasiwa dan akademisi, tentu sudah tidak asing lagi bukan, dengan tulisan opini? Kebetulan tulisan opini merupakan salah satu tulisan yang paling banyak diproduksi di dunia ke penulisan.

Tulisan opini berisi pandangan seseorang, terkait dengan masalah-masalah di lingkungan sekitar yang sedang hangat-hangatnya. Apa dan siapa yang terlibat dalam kecelakaan pesawat Lion Air misalnya, penulis opini bisa memberikan argumen personalnya terkait jatuhnya pesawat tersebut.
Bisa memberi opini buruknya manajemen, dan masalah-masalah lainnya. Karakteristik tulisan opini cenderung subyektif. Tingkat kebenaran pada tulisan opini cenderung rendah. Hal ini disebabkan karena tulisan opini dibuat dengan pandangan subyektif penulisnya saja.

Bagi Anda yang ingin menulis tulisan opini, berpikirlah dengan kerangka berpikir yang kritis. Masalah-masalah yang ada di sekitar Anda, bisa diangkat menjadi tulisan opini. Beberapa media yang terkenal dengan ragam tulisan opininya ada media Seword, Tirto, Kompasiana, hingga Mojok. Jadi, sekarang sudah paham kan? Kalau ada banyak jenis tulisan selama ini. Yuks, bagi kalian yang bosan karena menulis artikel mulu, mulailah mencari suasana baru dengan menulis beberapa jenis-jenis tulisan yang sudah dipaparkan di atas.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon