Cara Membuat Novel yang Laris Manis di Pasaran

Tahun 2018 ini kita dikejutkan dengan kemunculan novel Dilan yang begitu menghentak. Penjualan Novel Dilan mencapai satu juta eksemplar lebih. Menempatkan Novel Dilan menjadi salah satu novel terlaris di Indonesia bersanding dengan Laskar Pelangi.

Bagi Anda yang saat ini berminat terjun memulai karir dibidang penulisan. Bagi Anda yang saat ini berkeinginan ingin membuat novel. Anda pasti bertanya-tanya, bagaimana sih caranya membuat novel yang laris manis di pasaran? Pertanyaan-pertanyaan tersebut sebetulnya bisa dijawab dengan mudah. Lewat artikel ini akan kami paparkan, bagaimana caranya membuat novel yang laris manis di pasaran. Simak uraiannya sebagai berikut.

Cara Membuat Novel yang Laris Manis di Pasaran

Cara Membuat Novel yang Laris Manis di Pasaran

Buatlah Novel Bertema Cinta

Disadari atau tidak, novel yang laris manis di pasaran selalu bertemakan tentang cinta. Novel bertema cinta memang menarik, sebab, emosional seseorang akan menjadi antusias dalam membaca sebuah teks mana kala secara emosional ia merasa tersentuh.
Sedangkan kita tahu, hal-hal yang kerap kali menyentuh perasaan seseorang yaitu tentang cinta. Maka itu, buatlah novel dengan tema percintaan. Dari tema percintaan ini bisa diperluas lagi menjadi beberapa konflik-konflik kecil. Mulai dari tema-tema perselingkuhan, orang ketiga, kekasih yang tak dianggap, cinta yang tak direstui, dan beberapa konflik-konflik cinta lain yang bisa menyentuh sisi emosional pembaca. Sematkan konflik-konflik percintaan itu di dalam novelmu.

Buatlah Novel Bertema Religi

Selain tema-tema cinta. Novel bertema religi juga sedang digandrungi. Apalagi selama tahun 2018 ini, masyarakat Indonesia sedang dilanda fenomena konservatisme agama yang semakin menguat. Menulis novel bertema agama sangat berpotensi besar laris manis di pasaran. Apalagi dalam konflik novel yang dibangun, dibumbui sedikit kontroversi dalam agama.
Ciptakanlah Karakter Unik Dalam Novel
Membaca novel yang bernilai bagus, Anda pasti akan selalu terngiang, setiap dialog-dialog dan tingkah laku tokoh yang sedang digambarkan. Pada novel Dilan misalnya? Anda hafal betul bukan, dengan sebagian penggalan dialog pada karakter Dilan?

Begitulah ciri-ciri novel yang laris manis di pasaran. Novel yang laris manis di pasaran selalu dibangun dengan karakter yang kuat. Anda tentu saja harus membuat karakter yang unik dan tak mudah dilupakan di dalam novel.

Perbanyakanlah Setting Suasana yang Melow

Suasana melow menjadi suasana paling susah dilupakan dalam kehidupan banyak orang. Kenangan-kenangan melow acap kali tidak bisa kita hapus begitu saja. Tentu saja Anda masih terngiang sampai sekarang bukan? Bagaimana rasa sakitnya diputusin mantan?

Suasana sedih dan melow yang semacam itu harus kalian terapkan di dalam sebuah novel. Semakin banyak setting dan alur cerita yang sedih. Maka semakin besar pula, peluang novelmu laris manis di pasaran. Sebab kekuatan dominasi suasana melow, yang melatarbelakangi novelmu, membuat novel Anda tidak mudah untuk dilupakan saat dibaca.

Ciptakanlah Sampul Novel yang Menarik

Sampul novel yang menarik, pastilah yang mengundang penasaran. Seberapa penasaran sih, para pembaca potensial novelmu? Itu harus kalian survei terlebih dahulu, dengan meminta teman-teman dekat Anda untuk memilih kira-kira sampul mana yang tepat untuk diterapkan pada novel.

Biasanya, kemenarikan sampul dalam novel memang sangat mempengaruhi laris atau tidaknya novel kalian di pasaran. Semakin menarik sampulnya, maka semakin besar potensi novel Anda laris manis.

Terbitkanlah Novel Anda di Penerbit Mayor

Jangan menerbitkan novel di penerbit indi. Tapi terbitkanlah novelmu di penerbit mayor. Beberapa penerbit mayor yang bisa dicoba ada Gramedia Pustaka, Gema Insani, Bentang Pustaka, Penerbit Narasi, Penerbit Alexa, dam masih banyak lagi. Masing-masing penerbit mayor biasanya mempunyai ribuan jaringan tokoh di seluruh Indonesia. Sehingga potensi novel Anda terjual laris manis di pasaran sangat besar.

Itulah tadi tips sederhana Cara Membuat Novel yang Laris Manis di Pasaran. Semoga ada manfaatnya.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon