11 Cara Ampuh Untuk Menghilangkan Rasa Jenuh Pada Penulis

Sahabat Penulis Lampung. Sejak memutuskan resign dari pekerjaan saya sebagai guru dan menekuni profesi sebagai penulis, maka praktis aktivitas sehari-hari saya lebih banyak berkutat dengan yang namanya menulis, menulis, dan menulis.

 Kendati menulis adalah passion saya, namun jika tidak dibarengi dengan selingan-selingan, tentu lama-kelamaan akan menimbulkan rasa jenuh. Rasa jenuh yang datang, pastinya akan berakibat tidak baik bagi mood menulis. Akibatnya, menulis jadi malas, ide mampet, dan tulisan yang dihasilkan pun menjadi tidak maksimal. Nah, bila sudah demikian, maka dibutuhkan hal-hal yang bisa membantu menghilangkan rasa jenuh tersebut. Apa saja contoh kegiatannya?

11 Cara Ampuh Untuk Menghilangkan Rasa Jenuh Pada Penulis

Berikut 11 Cara Ampuh untuk Mengusir Rasa Jenuh Pada Penulis:

Pertama, membaca buku

Sahabat Penulis Lampung, membaca buku bisa menjadi hiburan tersendiri bagi seorang penulis ketika ia sedang dihinggapi rasa jenuh atau bosan. Membaca buku juga bisa menjadi sumber segar ide-ide yang barangkali sempat mampet ketika rasa jenuh menghinggapi. Saya sendiri merasakan bahwa rasa jenuh jauh berkurang dan pikiran menjadi segar kembali setelah membaca buku.

Ke dua, menonton film

Seperti halnya membaca buku, menonton film juga bisa menghilangkan rasa jenuh dan menjadi sumber ide bagi seorang penulis. Apalagi jika film yang ditonton ada kaitannya dengan naskah yang sedang ditulis. Contohnya menonton film-fim fairy tales ketika sedang menulis dongeng. Wah, bisa-bisa setelah menonton puluhan ide berlompatan dan sahabat Penulis tidak sabar lagi ingin segera menuliskannya :)

Ke tiga, jalan-jalan

Hmm... Jalan-jalan memang sangat mengasyikkan dan ampuh mengusir rasa jenuh, Sahabat. Tak harus jauh jalan-jalannya. Sekadar pergi ke toko buku, ke taman, atau ke tempat-tempat yang bisa membuat kita senang mengunjunginya, sehingga bisa merefresh pikiran menghilangkan rasa jenuh.

Ke empat, memotret

Jika sedang merasa jenuh dengan rutinitas menulis, adakala saya menyelinginya dengan kegiatan memotret. Memotret bunga di halaman, serangga, buku-buku koleksi, masakan, atau beragam objek lainnya. Selain ampuh untuk menghilangkan rasa jenuh, foto cantik hasil bidikan kamera kita juga bisa menjadi sumber ide, atau pelengkap bahan tulisan.

Ke lima, berkebun

Melakukan kegiatan berkebun, menanam tanaman seperti tomat dan cabe di halaman, misalnya, juga cukup ampuh untuk menghilangkan rasa jenuh. Apalagi ketika melihat benih-benih yang ditanam tumbuh dan kemudian berbuah, wah, rasanya senang sekali. Dengan melakukan kegiatan berkebun untuk mengusir jenuh, kita bisa memperoleh beberapa manfaat sekaligus. Di antaranya bisa mengusir rasa bosan, sehat karena banyak bergerak, dan panen tanaman sendiri yang pastinya sangat mengasyikkan. Tentu saja tidak kalah menyenangkan, hasil panennya bisa membantu mengurangi biaya belanja dapur, hehehe...

Ke enam, mengobrol

Bertemu teman, bersua orang-orang baru dan mengobrol dengan mereka, juga bisa menjadi salah satu cara untuk menghilangkan rasa jenuh. Tentunya yang saya maksud bukan mengobrol untuk membicarakan orang lain, ya. Tak jarang dari hasil mengobrol, kita juga bisa mendapatkan banyak ide untuk dijadikan tulisan. Entah itu ide yang didapat dari isi obrolan, maupun dari melihat kartakter orang yang kita ajak mengobrol.

Ke tujuh, olahraga

Sahabat Penulis, olahraga membuat peredaran darah menjadi lancar, sehingga oksigen bisa terdistribusi dengan baik ke seluruh tubuh. Hal ini tentu saja sangat bermanfaat bagi tubuh dan juga pikiran. Tubuh menjadi lebih sehat, rasa jenuh hilang, dan pikiran pun fresh kembali.

Ke delapan, memasak

Memasak makanan kesukaan atau mencoba resep baru, juga bisa menghilangkan rasa jenuh akibat rutinitas menulis. Apalagi jika masakannya sudah matang dan dinikmati bersama dengan keluarga, hmm, pasti sangat menyenangkan.

Ke sembilan, bersih-bersih dan ganti suasana

Bersih-bersih rumah, ruang kerja, atau memberikan sedikit sentuhan pada meja kerja sehingga suasana menjadi terlihat berbeda, juga bisa dijadikan alternatif cara untuk menghilangkan rasa jenuh. Kita bisa meletakkan sekuntum bunga di meja, menempel sedikit aksesoris di dinding, atau mengubah posisi kursi dan meja kerja.

Ke sepuluh, bermain dengan anak

Selain bisa membangun kedekatan emosional antara orangtua dan anak, bermain dengan anak juga ampuh untuk mengusir rasa jenuh, lho. Sangat seru mendengar anak berceloteh, melakukan bermacam kegiatan bersama seperti menggambar, mewarnai, percobaan kecil-kecilan, dan lain-lain. Selain menghilangkan jenuh, jangan kaget ya, jika setelah bermain bersama anak, ide-ide baru pun bermunculan seperti air yang mengalir.

Ke sebelas, menghadiri acara-acara penulisan

Datang ke acara yang berhubungan dengan duinia penulisan semisal workshop, bedah buku, talkshow, dan sebagainya, sangat ampuh untuk mengusir rasa jenuh. Di acara itu kita bisa bertemu teman-teman dengan passion yang sama, berkenalan dengan orang-orang baru, memperoleh motivasi dan energi menulis, serta ide-ide yang bisa dijadikan tulisan. Itulah tadi 11 cara ampuh yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan rasa jenuh atau bosan. Mudah-mudahan cukup membantu Sahabat Penulis Lampung dalam mengatasi rasa jenuh akibat rutinitas menulis. Selamat menulis, semangat berkarya, salam literasi :)

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon